Pengertian bahasa pemrograman, fungsi dan jenisnya






    ok pejuang sukses yang selalu mencari ilmu untuk kesuksesan nya dan mensukseskan indonesia, kali ini babang admin akan berbagi ilmu tentang apa itu bahasa pemrograman atau yang lebih di kenal dengan bahasa komputer. Sebelum membahas lebih jauh apabila ada yang belum tau sejarah komputer bisa baca di sini

    Kita akan kenalan dulu dengan bahasa terlebih dahulu apa itu bahasa ?
bahasa adalah alat yang digunakan untuk mengekpresikan apa yang ingin kita sampaikan baik itu berupa angka, huruf, maupun simbol-simbol. Sedangkan pemrograman adalah suatu seni dalam menggunakan satu atau lebih algoritme yang saling berhubungan dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi suatu program komputer.

  Jadi bahasa pemrograman adalah  instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

bahasa komputer memiliki 4 tingkatan yaitu :


  1. Bahasa Mesin yaitu bahasa yang hanya mengenal angka biner ( 0 dan 1).
  2. Bahasa tingkat rendah atau yang dikenal dengan istilah bahasa rakitan yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic).
  3. Bahasa tingkat menengah yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia dan instruksinya bersifat simbolik.
  4. Bahasa tingkat tinggi yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, agar komputer dapat mengerti bahasa manusia maka di butuhkan program compiler dan interpreter.

Fungsi bahasa pemrograman ialah memerintah komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan. keluaran dari bahas pemrograman tersebut berupa program atau aplikasi.

contoh bahasa komputer yang umum digunakan antara lain :
  1. c
  2. c#
  3. c++
  4. Html 
  5. Php
  6. Java Script
  7. Phyton
  8. Java
  9. Ruby
  10. Visual Basic
  11. Dan masih banyak yang lain. 

nah itu tadi adalah pengertian, fungsi dan jenis-jenis dari bahasa pemrograman, terimakasih sudah mau berkunjung ke website saya, tunggu updatetan dari admin selanjutnya , semoga bermanfaat . . . .

#salampejuangbangsa

- Selagi bisa di jawab maka akan segera di jawab secepat mungkin
- gunakan bahasa yang sopan
- anda sopan saya segan

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama