6 Tips Menjaga Mata Saat Menggunakan Gadget

 


Software Player – Hallo sobat , pada era teknologi saat ini penggunaan smartphone atau gawai sudah sangat dibutuhkan, terlebih yang mengharuskan belajar daring (dalam jaringan). Tentunya kondisi ini membuat kalangan anak-anak, remaja, dewasa bahkan yang terbilang tua sudah harus mempelajari bagaimana menggunakan gawai karena tuntutan teknologi. Semua informasi dapat diperoleh dari genggaman tangan tanpa harus repot pergi jauh mencari kabar.

 

            Akhirnya mengakibatkan kita sering menatap layar gawai yang terkadang tidak terkontrol jaraknya pada mata sehingga terkadang menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata, kepala pusing, mual dan sebagainya. Sekarang belajar sudah tidak harus dengan buku karena banyak di internet informasi pelajaran yang dicari.

 

            Banyak dari kita yang terbilang kurang memahami bahwa bahayanya menatap layar terlalu lama ditambah dengan cahaya yang sangat cerah akan mengakibatkan penglihatan memburuk.

Disini admin ingin berbagi tips bagaimana mengatasi kondisi menggunakan gawai dengan waktu yang lama.

 

 

1.Jaga Jarak Pandang ke Gadget

Menjaga jarak pandang aman menggunakan smartphone adalah 30-40 cm dari mata. Hal ini sama dengan jarak pandang saat membaca buku. Bagi Anda yang menggunakan kacamata, sangat dianjurkan untuk menggunakan kacamata sesuai dengan ukuran yang sudah di rekomendasikan masing-masing agar jarak ideal tetap bisa diterapkan.

 

2.Sering berkedip

Ini yang sering terjadi karena terlalu focus sehingga kita tidak menyadari bahwa tidak mengedipkan mata beberapa saat.  Hal ini penting untuk mencegah mata menjadi kering.

 

3. Istirahatkan mata

Setelah menatap gawai sekitar 20 menit, usahakan untuk mengambil waktu atau jeda dengan tidak menggunakan ponsel sehingga mata dapat beristirahat sejenak. Karena terlalu memaksa mata menatap layar akan berakibat tidak baik pada kesehatan jarak pandang.

 

4. Atur tampilan layar

Pastikan pengaturan layar Anda nyaman untuk digunakan. Gunakan font yang mudah untuk dibaca. Aturlah ukuran font agar tidak terlalu besar dan tidak terlau kecil sehingga dapat dibaca dengan mudah oleh mata kita

 

5. Jaga kebersihan layar

Usahakan layar ponsel tetap jernih dan bersih sehingga tidak mengganggu pandangan mata. Membersihkan layar ponsel bisa Anda lakukan dengan tisu lembut atau bahan lainnya.

 

6.Jaga Kecerahan Layar

Jangan menggunakan cahaya atau brigthness yang sangat cerah pada kegelapan dan jangan terlalu redup saat di tempat terang seperti outdoor. Aturlah sesuai dengan kenyamanan Anda menatap gawai.

 

Nah itulah tips dari admin, semoga kita semakin bijak dalam memanfaatkan teknologi yang semakin memanjakan penggunanya.

Baca juga : 

Beberapa Jenis Mouse Yang Sudah Ada

Jenis-jenis Printer dan Pengertianya

 

Terimakasih sudah berkunjung 

#SalamPejuangSukses

- Selagi bisa di jawab maka akan segera di jawab secepat mungkin
- gunakan bahasa yang sopan
- anda sopan saya segan

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama